Sabtu, 29 Juli 2017

8. Ragam Dialog Interaksi Antarmuka Berbasis Menu dan Jenis Lainnya


Ragam Dialog (IMK)
 Ragam dialog (Dialoque Style) adalah cara yang digunakan untuk mengorganisasikan berbagai tehnik dialog.

Beberapa Sifat setiap Ragam Dialog :
  • Inisiatif : Inisiatif merupakan sifat dasar dari sembarang dialog.
  • Keluwesan : Kemampuan untuk mencapai suatu tujuan lewat cara yang berbeda.
  • Kompleksitas :Tidak perlu membuat antarmuka lebih dari yang diperlukan pengelompokan Hirarki.
  • Kekuatan : Kerja yang dapat dilakukan sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh pengguna.
  • Beban Informasi : Mempengaruhi daya guna dan hasil guna informasi.
Karakteristik Ragam Dialog:
  • Konsistensi : Atribut yang  penting untuk membantu pengguna dalam mengembangkan mentalitas.
  • Umpan balik : Ketika sebuah program dijalankan dan computer menampilkan hasilnya.
  • Observabilitas : Karakter ini di punyai oleh system yang berfungsi secara benar dan sederhana.
  • Kontrolabilitas : kebalikan dari observabilitas, system  di kontrol pengguna.
  • Keseimbangan : Perancangan  system manusia-komputer harus optimal dalam membagi pekerjaan.
Kategori Ragam Dialog :
  1. Dialog berbasis perintah tunggal (command line dialogue) :
  2.  Perintah-perintah tunggal yang dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer yang dipakai.
  3. Dialog berbasis bahasa pemrograman (programming language dialogue)
  4.  Dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas (file) berupa batch file.
  5. Antarmuka berbasis bahasa alami (natural languange interface)
  6.  Dialog yang berisikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem penterjemah.
  7. Sistem Menu
  8.  Dialog yang menampilkan daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas.
    Terdapat 2 jenis system menu yaitu:
    1. Sistem Menu Datar
    2. Sistem Menu Tarik(pulldown)
  9. Dialog berbasis pengisian borang (form filling dialogue)
  10.  Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir dilayar komputer yang berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan .
  11. Antarmuka berbasis ikon
  12.  Antarmuka sering memanfaatkan simbol-simbol dan tanda-tanda dari kehidupan kita sehari-hari untuk memberitahukan pengguna akan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi.
  13. Sistem Penjendelaan (windowing system)
  14.  Sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi pada satu atau lebih jendela (window) .
    Jenis-jenis jendela (window) :
    1. Jendela TTY
    2. Time-Multiplexed Windows
    3. Space multiplex window
    4. Non Homogen
  15. Manipulasi Langsung (direct manipulation)
  16.  Penyajian langsung aktifitas kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer .
  17. Antarmuka berbasis interaksi grafis
  18.  Dialog berbentuk pesan atau informasi pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu aktifitas.
Load disqus comments

0 komentar