DIRECT MANIPULATION
Manipulasi langsung merupakan kesan atau perasaan antarmuka. Manipulasi langsung adalah interaksi manusia-komputer yang melibatkan representasi gaya kontinu objek kepentingan, dan cepat, reversibel, kenaikan tindakan dan umpan balik.
Tujuannya : adalah untuk memungkinkan pengguna untuk secara langsung memanipulasi objek disajikan kepada mereka, menggunakan tindakan yang sesuai setidaknya longgar ke dunia fisik. Setelah metafora dunia nyata untuk benda dan tindakan dapat memudahkan user untuk mempelajari dan menggunakan antarmuka (beberapa mungkin mengatakan bahwa antarmuka yang lebih alami atau intuitif), dan cepat, umpan balik tambahan memungkinkan user untuk membuat kesalahan yang lebih sedikit dan lengkap tugas dalam waktu kurang, karena mereka dapat melihat hasil dari suatu tindakan sebelum menyelesaikan tindakan.
ASPEK KOGNITIF PADA MANIPULASI LANGSUNG
- Aspek Jarak Aspek pertama menyatakan bahwa directness menunjukkan jarak antara yang dipikirikan oleh pengguna dengan kebutuhan fisik dari sistem yang digunakan.
- Aspek Keterlibatan (engagement) Aspek kedua menyatakan bahwa directness berurusan dengan perasaan keterlibatan (engagement) secara kualitatif.
MANIPULASI PROGRAM Vs MANIPULASI ISI
Manipulasi program ialah merupakan cara pengguna menggunakan program aplikasi untuk menyelesaikan suatu tugas.
Manipulasi isi lebih mengacu kepada data yang diolah oleh program aplikasi tersebut
3 Fase Proses Manipulasi Langsung :
- Fase Bebas, yakni fase sebelum pengguna melakukan suatu tindakan.
- Fase Aktivasi, yakni fase ketika pengguna mulai melakukan penggeseran.
- Fase Penghentian, yakni fase setelah pengguna melepas tombol tetikus.
- Kontrol proses
- Editor Text
- Simulator
- Perancangan berbasis komputer
Suatu proses kegiatan yang ditampilkan pada layar komputer sehingga memudahkan operator dan memberikan kenyamanan dalam melakukan kegiatan.
Merupakan pengolahan data yang memberikan kemudahan kepada pengguna sehingga memberikan hasil cetakan yang ditampilkan pada layar seperti yang diharapkan pengguna.
Merupakan sistem minatur yang encoba menirukan kerja suatu sistem dan dapat dipelajari yang pada akhirnya memberikan informasi tentang pelaksanaan kegiatan.
Program aplikasi yang dapat melakukan perancangan suatu sistem. Contoh : Program autocad yang dapat merancang model pesawat atau pemetaan suatu daerah dalam pendistribusian PLN atau pemetaan terhadap wilayah berisiko bencana.
Kunci keberhasilan manipulasi langsung adalah adanya umpan balik visual yang lengkap. Ada 2 varian kursor yaitu :
1. Fase bebas (ketika kursor bergerak)
2. Fase aktivasi (ketika kursor berhenti dan klik kanan atau kiri)
Peranti Penunjuk
Mouse ( tetikus ) adalah peranti yang paling banyak digunakan sebagai peranti penunjuk.
Keuntungan dan Kerugian Manipulasi Langsung
Keuntungan Manipulasi Langsung
1. Mempunyai analog yang jelas dengan suatau pekerjaan nyata.
2. Mengurangi waktu pembelajaran.
3. Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata.
4. Penampilan visual yang bagus.
5. Mudah dioperasikan.
6. Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung.
Kerugian Manipulasi Langsung
1. Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar.
2. Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi.
3. Memerlukan peranti masukan seperti mouse, trackball.
4. Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.
1 komentar: