Jumat, 28 Juli 2017

1. Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer, Definisi Interaksi Manusia dan Komputer dan Bidang atau Disiplin Ilmu yang Terkait Interaksi Manusia dan Komputer


Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
 Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah User friendly (ramah dengan pengguna): kemampuan yang dimiliki oleh software atau program aplikasi yang mudah dioprasikan dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoprasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula WYSWYG (what you see is what you get). Mengurangi frustasi ketidakamanan dan kebingungan pada pengguna implikasi, meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja.

Definisi Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
 Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena disekitarnya.
 Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin. Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer.
 Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendiri.

Bidang Yang Mempengaruhi Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
  • Teknik Elektronika / Ilmu Komputer
 Bidang ini membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam merancang interaksi manusia dan computer.
  • Psikologi
 Bidang ini memberikan pemahaman pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda-beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan motoric pengguna yang beraneka ragam contoh : button kirim wa ada di kanan.
  • Perancangan Grafis dan Tipografi
 Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis seprti gambar akan lebih bermakna dari pada teks / tulisan. (contoh : menu icon).
  • Egronomi
 Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman contoh : desain mesin fingerscan.
  • Antropologi
 Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang berkelompok baik pada waktu dan tempat yang sama maupun berbeda contoh : standarisasi nilai rupiah/ indeks mata uang.
  • Linguistic
 Merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa bidang ini membantu dalam menciptakan suatu dialogyang diperlukan untuk komunikasi yang memadai antara user dan computer. Dialog ini biasanya menggunakan bahasa khusus seperti (bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah dll).
  • Sosiologi
 Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan computer dengan aspek social masyarakat.
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
 Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif efisien serta user friendly.
  • Kecerdasan Buatan
 Bagian ilmu computer yang bertujuan agar computer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia . faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia contoh : auto pilot.
  • Multimedia (graphic design)
 Multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan computer. Dengan adanya multimedia ini tampilan suatu sistem yang dibuat akan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti manusia (contoh : iklan full animasi).
Load disqus comments

0 komentar