Jumat, 28 Juli 2017

2. Perbandingan Kecakapan Relative Manusia dan Komputer, dan Permodelan System Pengolah

Perbandingan kecakapan relatif Manusia & Komputer


 Ketika hendak membangun sebuah Interaksi Manusia Komputer, faktor manusia harus terpikirkan dengan matang, tidak hanya memikirkan aspek teknis dari komputer saja. Bagaimana manusia menangkap data/informasi, bagaimana manusia memproses dan mengelola informasi yang telah ditangkapnya.

Faktor manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi:
  • Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran input-output (indera).
  • Informasi disimpan dalam ingatan (memori).
  • Informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara.
Kapasitas manusia satu dengan yang lain dalam menerima rangsang dan memberi reaksi berbeda satu dengan yang lain dan hal ini menjadi faktor yang harus diperhatikan dalam merancang interface. Faktor manusia merupakan aspek penting dalam sebuah sistem komputer, untuk membuat keseimbangan antara model sistem komputer dan manusia sebagai pengguna, maka perancang sistem juga harus memodelkan manusia dengan cara yang sama. Hal ini tidak mudah, karena manusia lebih susah untuk diprediksi, kurang konsisten dan kurang deterministik dibandingkan komputer. Secara umum, perbandingan kecakapan relatif antara manusia dan komputer dapat dilihat pada tabel berikut ini :
No. Kecakapan Relative Manusia Kecakapan Komputer
1. Estimasi Kalkulasi Akurat
2. Intuisi Dedukasi Logika
3. Kreativitas Aktivitas Perulangan
4. Adaptasi Konsistensi
5. Kesadaran Serempak Pekerjaan Serempak
6. Pengolahan Abnormal atau Pengecualian Pengolahan Rutin
7. Pengingat Sosiatif Penyimpan dan Memanggil Kembali Data
8. Pengambil Keputusan non Deterministic Pengambilan Keputusan Deterministic
8. Pengenalan Pola Pengolahan Data
9. Pengetahuan Tentang Dunia Pengetahuan Tentang Domain
10. Kesalahan Manusiawi Bebas dari Kesalahan

SUBSISTEM INTERAKSI PADA MANUSIA
1. Sistem Persepsi
 Sistem ini menyimpan sinyal dari rangsangan untuk suatu waktu
2. Sistem Kognitif
 Sistem ini merepresentasikan hitungan dalam fikiran kita yang berfikir. Sistem ini juga membuat keputusan tentang bagaimana kita seharusnya melakukan sesuatu dengan apa yang ada didepan kita
3. Sistem Gerak (MOTORIK)
 Sistem ini megubah sinyal menjadi gerak yang telah diputuskan oleh sistem kognitif

PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN SECARA SADAR DAN OTOMATIS
SISTEM PENGOLAHAN PADA MANUSIA :
a)   Sistem pengolahan secara SADAR
sistem ini terjadi ketika rangsang yang datang dibawa kebagian intelektual (kognitif) dan memerlukan beberapa waktu untuk mendapatkan tanggapan yang sesuai.


b)   Sistem pengolahan secara OTOMATIS
sistem ini terjadi seperti reflek dan hanya memerlukan waktu yang sangat pendek

PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN REGISTER SENSORI
 Pengolahan perseptual yang melayani hubungan organ2 sensor ke otak dapat dipandang sebagai sekumpulan register penyangga sementara
Berdasarkan sumber (Insap Santoso, 2009):
a)   Register sensor penglihatan mempunyai persistensi sebesar 0,2 detik
b)   Register sensor pendengaran mempunyai persistensi sebesar 2 detik

MODEL PROSES DAN MEMORY MANUSIA
 Sebagian besar kegiatan manusia berhubungan dengan memori  (ingatan) pada manusia
1.   Bagaimana memori manusia bekerja...???
2.   Bagaimana kita mengingat perintah bahasa pemograman dalam bentuk source code...???
3.   Mengapa ada orang yang mempunyai kemampuan mengingat lebih cepat dari pada orang lain..??
4.   Bagaimana jika seseorang LUPA...???

Tiga fungsi MEMORI pada manusia :
1)   Sebagai tempat penyaringan
2)   Tempat memproses ingatan (memori jangka pendek)
3)   Memori jangka panjang


MEMORI PENYARING
Bekerja sebagai tempat penyimpanan sementara (buffer) untuk menerima rangsang 
Terdiri atas 3 saluran penyaring :
Iconic : menerima rangsang penglihatan
Echoic : menerima rangsang suara
Haptic : menerima rangsang sentuhan

MEMORI JANGKA PENDEK (Short Term Memory)
Ciri-ciri memori jenis ini :
1) Mudah lupa dalam waktu 20 detik
2) Lebih banyak informasi untuk diingat dan menambah kecepatan untuk dilupakan pula
3) Gangguan temhadap informasi yang serupa sering menyebabkan salahnya informasi saat dipanggil
4) Kecepatan informasi dilupakan tidak secara linier, tetapi seringkali disebabkan pemehaman dari sistem yang komplek

 Faktor-faktor ini yang penting saat mendefinisikan antarmuka bila kita hendak menggunakan sistem yang sukar, hendaknya informasi tidak berupa temporer.

MEMORI JANGKA PANJANG (Long Term Memory)
 Memori ini diperlukan untuk menyimpan informasi dalam jangka waktu lama. Merupakan tempat menyimpan seluruh pengetahuan, fakta informasi, pengalaman, urutan perilaku, dan segala sesuatu yang diketahui. Kapasitas besar / tidak terbatas, kecepatan akses lebih lambat ± 1/10 second, proses penghilangan pelan.

Ada 2 cara menggali ingatan kembali dalam memori jangka panjang :
1)   episodic : urutan ingatan tentang kejadian
2)   semantic : memori yang tersusun berdasar fakta, konsep dan ketrampilan Informasi semantic terbentuk dari episodic

Model jaringan semantic
turunan : simpul akan membawa sifat induknya
ada hubungan yang jelas antar bit informasi
membuat kesimpulan berdasarkan sifat turunan

Ada 3 jenis aktivitas yang dilakukan oleh memori jangka panjang:
1) Menyimpan atau mengingat informasi
2) Menghilangkan atau melupakan informasi
3) Memanggil kembali informasi

Load disqus comments

0 komentar